Minggu, 08 April 2012

Whats eating Gilbert Grape...a Family is a Family

Beberapa hari yang lalu saya sedang melihat foto-foto bintang film besar waktu meraka masih kecil. Salahsatu yang saya lihat adalah foto Leonardo DiCaprio.


Lalu saya baca keterangan disebelah foto tersebut, yang menyatakan bahwa foto itu diambil sesaat setelah Leonardo sedang membintangi salahsatu film pertamanya yang membawanya mendapat nominasi oscar, What’s Eating Gilbert Grape? Saya pun penasaran, film apa itu, saya melihat di referensi film yang paling saya percaya, imdb, berikut hasilnya. http://www.imdb.com/title/tt0108550/


What’s Eating Gilbert Grape adalah sebuah film drama keluarga, selain Leonardo DiCaprio, film ini juga dibintangi oleh Johny Deep. Berseting disebuah kota kecil di Amerika yang sedang berkembang, bernama Endora, dimana sebuah supermarket besar bernama Foodland, sudah cukup untuk mengubah perekonomian kota, dan membuat toko-toko yang dahulunya menjadi tumpuan masyarakat kota mulai dilupakan. 

Begitu pula dengan Lamson’s Grocery, tak ketinggalan untuk terkena imbas, dan disitulah tempat Gilbert Grape bekerja. Ya, film ini memang bercerita tentang Gilbert Grape dan keluarganya. Gilbert Grape adalah anak lelaki pertama keluarga Grape, Albert Grape, ayahnya meninggal bunuh diri 17 tahun lalu, membuat ibunya memilih untuk tidak meninggalkan rumah sejak itu.  Gilbert mempunyai dua saudara perempuan, Amy dan Ellen . Amy dulunya bekerja di sebuah kantin sekolah, sebelum sekolah tersebut terbakar, sekarang Amy lebih banyak membantu di rumah sebagai ganti ibu mereka, yang karena 17 tahun tidak keluar rumah membuatnya bertubuh sangat besar yang membatasi aktifitasnya. 
Sedang Ellen. adalah remaja baru gede yang mulai mencoba ini itu. Gilbert juga mempunyai seorang adik lelaki, Arnie. Arnie mengidap penyakit yang membuatnya seperti keterbelakangan mental, yang dulunya pernah divonis oleh dokter bahwa dia tidak akan bisa bertahan hingga umur sepuluh, namun nyatanya Arnie minggu depan akan berumur 18, dan ibunya berencana untuk membuat sebuah pesta besar untuknya.

Gilbert selalu membawa Arnie kemanapun dia pergi, termasuk ke tempat kerja. 
Suatu ketika di jam makan siang, Gilbert melihat Becky, Becky dan neneknya adalah salahsatu rombongan traveler yang setiap tahun selalu melewati Endora. Kendaraan yang dibawa Becky dan neneknya mogok, yang membuatnya harus menetap di Endoro untuk beberapa saat. Perkenalan Gilbert dengan Becky dimulai saat Becky berbelanja di Lamson’s Grocery, dan meminta untuk diantarkan bawakan belanjaannya. Berkenalan dengan Becky memberikan sebuah dunia baru pada Gilbert yang selama ini seperti terkungkung di kota Endora, dengan aktifitas yang menurutnya membosankan, masih ditambah dengan keluarganya yang selalu bermasalah sejak ayahnya meninggal. Sejak sepeninggal ayahnya, praktis Gilbert lah yang mengambil alih posisi kepala keluarga, yang membuat bebannya sangat besar, di tambah Arnie yang benar-benar tidak boleh luput dari pengawasannya. 

Kelamaan, saat hubungannya dengan Becky mulai melihatkan perkembangan, Gilbert seperti tertarik untuk meninggalkan kehidupan lamanya, dia sempat meninggalkan Arnie untuk berduaan dengan Becky yang membuat Arnie semalaman berendam di bak mandi, atau juga saat dia luput mengawasi Arnie karena kelewat asyik berbincang dengan Becky sampai Arnie terpakasa dipenjara karena dinilai sudah terlalu sering mengganggu ketentraman kota. Hal itu yang membuat ibu Gilbert memaksakan diri untuk keluar rumah untuk menjemput Arnie di penjara, yang malah membuatnya sebagai guyonan masyarakat karena tubuhnya yang sangat besar. 
Akhirnya pada satu titik Gilbert merasa sangat  jenuh dan frustasi, satu hari menjelang ulangtahunnya Arnie menjadi sangat sulit diatur, Gibert memukulnya dan pergi dari rumah, Arnie pun demikian. Lalu apa selanjutnya yang terjadi pad keluarga ini? Apakah Gilbert akhirnya meutuskan untuk kembali? Dan berhasilkan Arnie ditemukan?

 
 Tidak salah jika Leonardo DiCaprio mendapatkan nominasi oscar untuk film ini, Leonardo berhasil dengan baik memerankan Arnie, samapi-sampai jika saya tidak tahu itu Leonardo, saya akan menganggap film ini benar-benar mengajak seorang anak dengan keterbelakangan mental. Satu pelajaran penting yang bisa diambil dari film ini adalah, keluarga adalah keluarga.....seburuk apapun keluarga kita, mereka tetaplah kelurga kita, tempat kita berlindung dari kejamnya dunia luar....tempat satu-satunya dimana kita bia menemukan sebuah cinta yang benar-benar sejati dan jujur. 


1 komentar:

  1. Saya sangat menyukai film ini. Film ini sangat-sangat membuat saya "gila". Saya tidak pernah bisa berhenti/bosan untuk menontonnya. Ya,terdapat pesan yang sangat berharga dalam film ini. Dan juga,akting para pemain sangat terlihat alami! Saya tidak mengerti mengapa Leonardo tidak memenangkan penghargaan Oscar untuk film ini.

    BalasHapus